Langsung ke konten utama

Kado Lebaran, Kospy Salurkan Bantuan 100 Juta ke Palestina dan Yaman

Komite Solidaritas Palestina dan Yaman (Kospy) Indonesia menyalurkan bantuan senilai 7 ribu dolar atau sekitar 100 juta rupiah ke Palestina dan Yaman pada Idul Fitri tahun ini. Dari total bantuan, 3.700 dolar diperuntukkan untuk Palestina dan 3.300 dolar ke Yaman.   

"Terima kasih banyak atas amal saleh ini. Semoga Allah menambah timbangan amal baik Anda semua," kata perwakilan lembaga kemanusiaan Islamasil di Yaman, Syekh Asad Qashir, untuk para donatur Kospy. 

Islamasil dan Kospy bekerja sama menyalurkan bantuan kepada kedua bangsa yang sedang tertindas itu. Dan pada Idul Fitri 1422 H, penyaluran bantuan dari masyarakat Indonesia ini merupakan tahap yang keempat.


Sejak 10 Mei 2021 atau 3 hari setelah perlawanan warga Palestina di Yerusalem Timur terhadap pendudukan Israel meletus, Tel Aviv kembali membombardir Jalur Gaza. Padahal Jalur Gaza - wilayah kurang lebih seluas Kota Surabaya - ini telah terblokade sejak 14 tahun silam dan pada akhir Ramadan kembali menghadapi serangan pesawat tempur. 

Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh Almaliki dalam rapat mendadak dengan Organisasi Kerjasama Islam, 16 Mei, mengatakan, lebih dari sepuluh ribu warga Gaza mengungsi akibat serangan brutal tersebut.  Agresi ini juga telah melenyapkan 197 nyawa warga Palestina termasuk 34 wanita dan 58 anak-anak. Adapun korban luka mencapai 1.235 jiwa.

Sementara di Yaman, agresi koalisi militer Arab Saudi memasuki tahun keenam. Per Maret silam, lembaga kemanusiaan Humanity Eye Center for Rights and Development melaporkan, korban jiwa akibat invasi setengah dekade ini mencapai 43.593 ribu jiwa.

Korban tewas berjumlah 17.079 yang di antaranya 3.821 anak dan 2.394 wanita. Di samping itu, korban luka-luka menembus angka 26 ribu jiwa.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Yaman, 1,8 juta wanita menderita malnutrisi dan mengindikasikan 2,6 juta anak usia di bawah lima tahun mengalami kekurangan gizi akut. Ekonomi Yaman yang telah rapuh sebelum agresi kini semakin parah. Jet-jet tempur Saudi telah membombardir 395 pabrik, 292 tangki bahan bakar, 11 ribu fasilitas komersial, hingga 416 aset peternakan dan pertanian.[]  

Sumber foto utama: Anadolu Agency

Informasi penyaluran bantuan tahap berikutnya: