Langsung ke konten utama

Korea Selatan Sumbang 1,5 Juta Dolar untuk Palestina

 



Korea Selatan berkomitmen menyumbangkan dana 1,5 juta dolar atau berkisar 21 miliar rupiah ke Palestina. Seoul mengumumkan komitmen donasi itu menyusul krisis kemanusiaan yang menimpa warga Palestina pascaserangan militer Israel ke wilayah Jalur Gaza 10 - 21 Mei 2021.

Menurut Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, bantuan akan diberikan lewat dua organisasi dunia yang menangani krisis kemanusiaan di sana. Penyaluran satu juta dolar lewat Badan Pengungsi Palestina PBB di Timur Dekat (UNRWA) dan 500 ribu dolar lagi lewat Badan Koordinator Urusan Kemanusiaan PBB.

"Pemerintah berharap dukungan kami ini dapat membantu warga Palestina melewati krisis kemanusiaan," kata Kementerian seperti dilansir Anadolu Agency, 27 Mei 2021

Setidaknya 254 warga Palestina terbunuh, termasuk 66 anak-anak dan 39 perempuan, akibat serangan Israel ke wilayah basis Hamas itu. Sementara 1.900 orang lainnya mengalami luka-luka. 

Pertempuran antara Israel dan Hamas merupakan buntut dari rencana pengusiran paksa warga Palestina di wilayah Syekh Jarrah, Yerusalem Timur, 6 Mei 2021. Kebijakan penggusuran itu mendapatkan perlawanan dari warga setempat. 

Aksi perlawanan terhadap penggusuran kemudian menjelma menjadi konfrontasi antara warga Palestina dan aparat Israel hingga ke wilayah Masjid Alaqsa. Jumlah korban luka dari warga Palestina di Yerusalem Timur mencapai 200 jiwa lebih akibat pukulan, tembakan peluru plastik hingga lemparan granat setrum dari polisi Israel. 

Kelompok perlawanan di Gaza turun tangan. Hamas memberikan ultimatum kepada Tel Aviv untuk menghentikan aksi kekerasannya di kota suci Alquds, Yerusalem. Namun PM Benjamin Nentanyahu tidak mempedulikan.

Pada 10 Mei pagi, ratusan roket pun melesat dari Gaza ke arah Israel. Militer Tel Aviv membalasnya dengan membombardir Gaza. Pertempuran pun berlanjut. Setidaknya 4100 roket melesat dari Gaza dan hampir 1800 roket dilaporkan sukses menghantam utara Tel Aviv. Sementara Israel menerbangkan dua ribu jet tempurnya untuk menjatuhkan ratusan bom ke Gaza.[]

Keterangan foto utama: 

Unjuk rasa di Seoul, depan Kedutaan Israel, menentang serangan Israel ke Gaza sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina. Sumber:  Twitter @el_khxled, 18 Mei 2021