Langsung ke konten utama

Layanan Kesehatan Ibu Kota Yaman Menanggung Kerugian 114 M Akibat Agresi

 


Agresi koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi di Yaman memasuki tahun keenam. Salah satu akibatnya, sistem kesehatan lumpuh bahkan menanggung kerugian. 

Di Kota Sana'a saja, nilai kerugian dari sektor kesehatan akibat agresi enam tahun mencapai 2 miliar riyal. Nilai ini kurang lebih setara dengan 114 miliar rupiah. 

Laporan Kantor Berita Yaman per 2 April 2021 menyebutkan, 27 rumah sakit dan unit kesehatan di Ibu Kota itu mengalami kerusakan berat dan ringan setelah dihajar misil pesawat tempur Saudi. Tiga ambulance dalam Sana'a juga koyak terkena ledakan.  

Selain itu, serangan brutal agresor telah memutus aliran listrik ke 310 fasilitas kesehatan. Dan terpuruknya ekonomi Yaman semakin membuat layanan kesehatan terhambat ke masyarakat. 

Direktur Kantor Kesehatan Masyarakat di wilayah setempat Dr Khaled Al Muntasir mengatakan,  menargetkan fasilitas kesehatan dalam serbuan militer merupakan kejahatan perang. Tindakan ini bertentangan dengan kemanusiaan dan terang benderang melanggar norma dan hukum internasional.[]