Langsung ke konten utama

Doa dari Yaman untuk Donatur Indonesia


Perwakilan lembaga kemanusiaan Islamasil di Yaman, Syekh Asad Qashir, mengucapkan  terima kasih dan mendoakan para penderma Indonesia. Syekh Asad menyampaikan ini usai mendistribusikan bantuan masyarakat Indonesia untuk Yaman yang sedang menanggung bencana kelaparan. 

"Terima kasih atas upaya dan amal saleh ini," katanya seperti dalam rekaman video yang diterima Komite Solidaritas Palestina dan Yaman (Kospy) di Jakarta, 13 Mei 2021.  "Semoga Allah memberkati dan membalas kebaikan Anda serta melindungi kalian semua dari keburukan."

Kospy Indonesia bekerjasama dengan Islamasil menyalurkan bantuan kepada warga Yaman yang mengalami krisis kemanusiaan. Pada penyaluran tahap pertama, bantuan yang diberikan berupa bahan makanan pokok. 

Warga Yaman menghadapi bencana kelaparan akibat agresi militer koalisi Arab Saudi. Selain itu, masyarakat di  semenanjung Arab ini kesulitan mendapatkan bantuan lantaran blokade yang diberlakukan koalisi Saudi.   

Pada tahun ini, masa agresi koalisi militer Saudi terhadap tetangganya itu genap enam tahun. Lembaga kemanusiaan Humanity Eye Center for Rights and Development melaporkan, korban jiwa akibat invasi setengah dekade ini mencapai 43.593 ribu jiwa seperti dilansir Yemen Press Agency, 23 Maret 2021.

Korban tewas berjumlah 17.079 yang di antaranya 3.821 anak dan 2.394 wanita. Sementara korban luka-luka 26.496 jiwa.

Menurut Kementerian Kesehatan Yaman, 1,8 juta wanita menderita malnutrisi dan mengindikasikan 2,6 juta anak usia di bawah lima tahun mengalami kekurangan gizi akut. Ekonomi Yaman yang telah rapuh sebelum agresi kini semakin parah. Jet-jet tempur Saudi telah membombardir 395 pabrik, 292 tangki bahan bakar, 11 ribu fasilitas komersial, hingga 416 aset peternakan dan pertanian. 

"Kami berharap bantuan ini diperbanyak karena warga Yaman terisolasi dalam kelaparan," kata Syekh Asad. 

Di samping menyalurkan bantuan pangan, Islamasil juga membimbing kelompok keluarga syuhada dan dhuafa untuk dapat mandiri secara ekonomi. Salah satunya dengan pelatihan menjahit. 

"Kini mereka menjadi keluarga produktif," katanya. Hasilnya, 823 pakaian baru lebaran dapat dibagikan kepada anak-anak yatim dan keluarga dhuafa menjelang lebaran tahun ini.  

Kospy menyalurkan bantuan tahap ketiga untuk warga Yaman melalui kantor Islamasil pada Senin, 22 Maret 2021. Donasi dari masyarakat Indonesia ini berjumlah 4.000 dolar AS atau setara dengan 57.660.000 rupiah. []

Video distribusi bantuan 1:


Video distribusi bantuan 2:


Informasi penyaluran donasi: