Langsung ke konten utama

Ansharullah Anggap Pujian Timothy Lenderking Bagian 'Standar Ganda Washington'


Utusan Khusus AS untuk Yaman, Timothy Lenderking pada Kamis (24/6) mengatakan bahwa Amerika Serikat mengakui Ansharullah sebagai kelompok yang sah, dan karenanya kelompok ini tidak mungkin dipisahkan dari perimbangan kekuatan yang ada di negara yang tengah dilanda agresi tersebut.

Lalu bagaimana tanggapan pihak Yaman terkait pernyataan Lenderking?

Alih-alih senang, Anggota Biro Politik Ansharullah Yaman, Ali al-Qahoum justru menegaskan bahwa rakyat Yaman tidak membutuhkan pengakuan dari Amerika Serikat. Bahkan menurutnya, pernyataan pejabat AS itu menunjukkan bahwa Washington terus menetapkan standar ganda untuk Yaman. Demikian lapor Al-Masirah pada Sabtu (26/6) kemarin.

Ali al-Qahoum mengatakan,"Jika Amerika memang serius dalam kata-kata dan posisinya, mereka seharusnya sudah menghentikan serangan koalisi (Saudi) agresor ke Yaman.”

Senada dengan pernyataan Ali al-Qahoum, Sekretaris Dewan Tinggi Politik Yaman, Yasser al-Houri menyebutkan Ansharullah sudah cukup memperoleh legitimasinya dari rakyat Yaman.


Sedangkan Kepala Dewan Tinggi Revolusi Yaman, Mohammed Ali al-Houthi sebelumnya mengatakan, "Yaman telah menang dengan mengandalkan kekuatan perlawanan, sehingga kami dapat memperoleh legitimasi dan kemerdekaan.” []