Langsung ke konten utama

Kospy Salurkan Bantuan Tahap 7 ke Yaman dan Palestina

 



Komite Solidaritas Palestina dan Yaman (Kospy) di Jakarta menyalurkan bantuan tahap tujuh, 18 Juni 2021. Bekerja sama dengan lembaga Islamasil, bantuan 4 ribu dolar atau setara 57.540.000 rupiah ini disalurkan ke rakyat Yaman dan Palestina masing-masing 2 ribu dolar. 

Komite mengatakan, penyaluran merupakan yang kedua kali dalam bulan ini.  Pada awal Juni, Kospy juga menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia sebesar 7 ribu dolar atau senilai 99.925.000 rupiah ke Palestina.



Sementara itu, tiga hari lalu, Israel merusak kesepakatan gencatan senjata dengan menyerang Jalur Gaza, 16 Juni. Pada malam berikutnya Tel Aviv kembali membombardir wilayah Palestina yang 14 tahun terblokade ini. 

Proyektil jet Israel menghantam sejumlah area di utara Kota Gaza dan utara Beit Lahia. Salah satunya, misil menyasar gedung perkantoran sipil di timur Jabaliya.  Lahan pertanian di selatan kota Khan Younis tak lepas dari target serangan. 

Gencatan senjata Israel dan kelompok perlawanan di Gaza, Hamas, terakhir dilakukan pada 21 Mei 2021. Serangan Israel ke Gaza sejak 10 hingga 21 Mei mengakibatkan  255 orang Palestina kehilangan nyawanya, termasuk 66 anak dan 39 wanita. Di samping itu, 1.900 orang mengalami luka-luka.


Adapun di Yaman, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kependudukan setempat mengatakan, setiap 5 menit setidaknya satu anak Yaman yang tak berdosa mati karena penyebab yang sesungguhnya dapat dicegah.

Begitu juga jutaan anak Yaman yang menderita kolera, malnutrisi akut, penyakit bawaan, Covid-19, diare, infeksi saluran pernapasan akibat perang dan blokade Saudi selama tujuh tahun, berada dalam risiko langsung kematian.[]