Langsung ke konten utama

Langgar Gencatan Senjata, Israel Gelar Serangan Kedua ke Gaza



Jet tempur Israel melesatkan sejumlah misil ke berbagai titik di Jalur Gaza, Kamis, 17 Juni 2021. Serangkaian serangan tadi malam ini merupakan invasi kedua kali ke Gaza sejak gencatan senjata disepakati bulan lalu. 

Aljazeera melaporkan, 18 Juni 2021, proyektil jet Israel menghantam sejumlah area di utara Kota Gaza dan utara Beit Lahia. Salah satunya, misil menyasar gedung perkantoran sipil di timur Jabaliya. Video ledakan di gedung ini diunggah oleh akun twitter @Ehabhelou, tadi pagi 18 Juli 2021

Lahan pertanian di selatan kota Khan Younis tak lepas dari target serangan. Hingga berita ini diterbitkan, belum ada laporan resmi ihwal korban. 

Gencatan senjata belum cukup sebulan, Israel menginvasi Jalur Gaza pertama kali pada Rabu, 16 Juni 2021. Tel Aviv mengkaim serangannya menargetkan basis Hamas, kelompok perlawanan berbasis di Gaza. 

Gencatan senjata Israel dan Hamas terakhir dilakukan pada 21 Mei 2021. Serangan Israel ke Gaza sejak 10 hingga 21 Mei mengakibatkan  255 orang Palestina kehilangan nyawanya, termasuk 66 anak dan 39 wanita. Di samping itu, 1.900 orang mengalami luka-luka. []