Langsung ke konten utama

Perlawanan Cerdas dan Kreatif ala Warga Palestina

Harus diakui, betapa cerdas dan kreatif cara warga Palestina melawan penindasan rezim penjajah Zionis Israel yang hingga kini sudah berlangsung 73 tahun. 

Kali ini, bentuk perlawanan cerdas dan kreatif itu diperagakan keluarga Al-Kurdi dari Sheikh Jarrah, yang tampak berpose dengan kalimat “Kami tidak akan pernah pergi”, yang tertulis di atas peta Palestina.

Sekadar informasi, Sheikh Jarrah adalah rumah bagi 2.800 pengungsi Palestina yang diusir dari rumah asal mereka selama peristiwa Nakba pada 1948. 

Pada 1956, perjanjian antara Yordania dan Badan Pengungsi Palestina PBB (UNRWA) menjanjikan perumahan dan tanah bagi para warga Palestina tersebut di Sheikh Jarrah.

Keluarga para pengungsi itu semestinya menerima sertifikat kepemilikan tanah setelah tiga tahun, tetapi hal itu tidak pernah terjadi karena Israel menduduki Yerusalem Timur (Al-Quds) sebelum sertifikat kepemilikan itu terwujud.

Pengusiran di Sheikh Jarrah yang terus berlanjut hingga beberapa waktu belakangan ini, telah memicu bentrokan di Yerusalem, menyebabkan ratusan orang terluka saat mereka melawan kebengisan serdadu Israel. []

Sumber Foto: @AlhasaniPal