Langsung ke konten utama

Potret Tangguh Warga Palestina di Bawah Tekanan dan Penindasan Penjajah Israel

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pada masa kita saat ini, Palestina merupakan satu-satunya negara di dunia yang masih belum terbebas dari belenggu penjajahan sebuah rezim ilegal yang menyebut dirinya "Israel". Namun dunia juga menyaksikan bahwa rakyat Palestina telah membuktikan bahwa mereka tergolong bangsa yang tangguh meski dipaksa hidup dalam tekanan dan penindasan selama puluhan tahun.

Banyak bukti yang menunjukkan potret ketangguhan itu, dan berikut ini beberapa di antaranya. 

Mantan tahanan Palestina, Majd Barbar, yang menghabiskan 20 tahun hidupnya di penjara Israel, merayakan kelulusan putranya dari universitas. 

Putranya, Muntaser, baru berusia 18 bulan ketika ayahnya ditangkap. Namun, hidup mereka terus berjalan, hingga saat sang ayah bebas, dia pun berkesempatan menyaksikan putranya mampu meraih kesuksesan dalam menempuh pendidikan.

Adam dan Sadeen Hamada dari Al-Quds yang diduduki tetap ceria merayakan ulang tahun mereka hari ini dengan foto ibu mereka, yang telah dipenjara oleh rezim penjajah Israel sejak 2016, dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara!

Seorang ibu/wanita Palestina memandikan anak-anaknya untuk terakhir kalinya di dalam rumahnya yang hancur akibat serangan udara Israel di Beit Hanoun di Jalur Gaza utara, bulan lalu. Lihatlah ekspresi mereka lebih dekat. Betapa si ibu dan anak-anak yang tangguh ini sama sekali tak kehilangan rona keceriaan dari wajah mereka..



Para pekerja tangguh Palestina mendaur ulang puing-puing bangunan dan rumah yang dihancurkan oleh pasukan rezim penjajah Israel untuk digunakan dalam rekonstruksi di wilayah Jalur Gaza.


Seniman Palestina dan jurnalis foto, Belal Khaled mengubah rudal Israel yang jatuh di sebuah rumah di Gaza menjadi karya seni yang luar biasa.

Lalu bagaimana cara para seniman lain seperti Taqi Sabatien memotret dengan cara satire dan mengabarkan kepada dunia tentang aksi rezim Zionis dalam menggusur rumah-rumah mereka?

Inilah salah satu karya seni mural yang menggambarkan tindakan biadab Israel dalam pembersihan etnis dan pengusiran warga Palestina, yang terlihat di tembok penghalang Israel di Tepi Barat sana. []