Langsung ke konten utama

Sumpah Benyamin Netanyahu

Mantan Perdana Menteri Israel yang terguling, Benyamin Netanyahu bersumpah akan kembali berkuasa dan menjatuhkan Pemerintahan Baru Israel di bawah kepemimpinan Naftali Bennett. 

Netanyahu mengutarakan pernyataan ini saat resmi lengser setelah Parlemen Knesset mengesahkan Kabinet Baru Pimpinan Perdana Menteri, Naftali Bennett pada Minggu (13/6) waktu setempat.

Apa yang membuat Netanyahu begitu percaya diri? Salah satunya adalah kemenangan Bennett yang hanya selisih satu suara. Menggambarkan betapa Koalisi yang dibangun PM baru Israel tersebut sangat rapuh.

Hal ini dibenarkan Jurnalis Investigasi Middle East Monitor, Asa Winstanley, yang menyatakan bahwa Netanyahu dapat dengan mudah menjadi oposisi dan masih mungkin merebut kuasa kembali dalam waktu tak terlalu lama. 

Meskipun, Winstanley mengakui bahwa memang benar Netanyahu terjerat masalah hukum atas berbagai skandal korupsinya, dan yang bersangkutan mungkin akan masuk penjara. Namun melihat jejak buruk Netanyahu yang selama 12 tahun berkuasa dikenal "menghalalkan segala cara" untuk berkuasa, tidak mustahil Bennett akan benar-benar dijatuhkannya dari tampuk kekuasaan yang baru digenggamnya dalam waktu tak terlalu lama. []