Langsung ke konten utama

[VIDEO] - Aksi Solidaritas Palestina ala Aktivis Gaek ini Jadi Perhatian Dunia

Nick Georges, seorang aktivis berusia 69 tahun asal Inggris, telah melakukan atraksi menantang maut dengan memanjat dan menghabiskan malam di atas derek setinggi 200 meter di dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat di London, sebagai wujud solidaritasnya atas penderitaan berkepanjangan rakyat Palestina di bawah penjajahan rezim ilegal Israel.

Dalam unggahan video di akun Twitter Quds News Network, dia mengatakan aksi ini untuk memberi tahu dunia tentang Palestina.

“Selama tiga bulan, saya dikirim ke Palestina sebagai saksi kemanusiaan. Saya menyaksikan kekejaman dan kengerian pendudukan ilegal Israel di Tanah Air Palestina,” kisah Nick.

Nick mengaku melihat dengan mata kepalanya sendiri sebuah rumah yang terdiri dari empat anggota keluarga dibakar hidup-hidup oleh pemukim ekstremis Yahudi. Selain warga Palestina, perkebunan zaitun juga dibakar.

“Warga Palestina (diperlakukan seolah) tak punya hak. Bahkan listrik dan air mereka diambil. Sebagai seorang Kristen yang peduli, saya tidak bisa hanya berdiam diri dan membiarkan ini terus berlanjut. Kita semua harus berbuat lebih banyak untuk mempromosikan perdamaian dan kebebasan bagi Palestina,” tegasnya.

Aktivis lain yang mendukung Nick dan menunggu di bawah derek mengatakan kepada media lokal bahwa rekannya itu memanjat derek tanpa alat pelindung diri. 

“Dia telah melakukan sesuatu yang sangat menantang maut, saya pikir karena bagi warga Palestina kehidupan sehari-hari di bawah apartheid Israel adalah tantangan maut,” kata teman Nick, aktivis Sarah Wilkinson.

Sarah mengatakan, dalam melakukan aksinya Nick memiliki sedikit persediaan makanan dan minuman. 

“Dia benar-benar menarik banyak perhatian, itulah intinya. Kami telah melakukan banyak percakapan dengan orang-orang yang tidak tahu banyak tentang Palestina, jadi ini bagus untuk kesadaran publik,” pungkas Sarah. []