Langsung ke konten utama

Cara Mata-mata Zionis Israel Bangun Basis Spionase di Yaman

 
Terhitung dalam kurun 50 tahun terakhir, Rezim Zionis diketahui telah berulang kali mencoba menyusupkan puluhan bahkan ratusan mata-mata atau agen intelijennya ke Yaman. Di antara contoh fenomenalnya adalah Baruch Zaki Marzakhi, seorang mata-mata Zionis yang ditangkap pada tahun 1971 setelah kecelakaan kapal tanker Israel di Bab al-Mandab.


Sedangkan di masa kini, upaya penyusupan serupa oleh agen mata-mata Israel ini kembali diungkap Kementerian Pertahanan dan Pejuang Ansharullah Yaman lewat produksi sebuah film dokumenter yang menunjukkan rincian kasus terkait kegiatan spionase rezim Zionis di Yaman, yang berfokus pada Sanaa, Al-Hudaydah dan Taiz, yang terhubung dengan Bab al-Mandab.


Selama ini, Israel ketahuan menggunakan segala cara untuk menutupi aksi spionasenya, dari gerakan militer untuk merebut pulau Socotra hingga menyamar dengan mengenakan seragam Tentara UEA. Namun, tujuan Mossad tetap sama. Yakni untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang karakter masyarakat Yaman dan struktur lembaga pemerintahnya demi mencapai tujuan akhir agar lebih mudah mengendalikan Yaman, khususnya wilayah strategis Bab al-Mandab.

Terkait upaya infiltrasi agen mata-mata Israel ini, beberapa sumber berita melaporkan bahwa rezim Zionis bekerja sama dengan Arab Saudi dan UEA untuk menyusup dan kemudian mulai membangun basis spionase mereka di Yaman. []