Langsung ke konten utama

Ogah Tanding Lawan Atlet Israel, Pejudo Aljazair Pilih Mundur dari Olimpiade Tokyo


Pejudo Aljazair, Fethi Nourine dan pelatihnya, Amar Benikhlef mengumumkan pengunduran diri mereka dari Olimpiade Tokyo dengan alasan menolak bertanding dengan atlet judo Israel.

Selain itu, sikap tegas mereka dalam mendukung Palestina juga turut menjadi salah satu latar belakang dari sikap Nourine yang didukung sang pelatih ini.


Kepada sejumlah media Aljazair, lebih kanjut Nourine mengatakan bahwa dukungan politiknya yang jelas untuk perjuangan Palestina membuatnya tidak mungkin bersaing dengan Tohar Butbul yang hadir dengan klaim mewakili Israel. 
 
Sebelumnya, pejudo berusia 30 tahun itu telah dijadwalkan melawan atlet Sudan, Mohamed Abdalrasool pada Senin (25/7) untuk pertandingan pertamanya di kelas 73 kg putra. Kemenangan dari atlet Sudan inilah yang berpeluang mempertemukan dirinya dengan Butbul di babak berikutnya.

Tercatat, langkah tegas ini bukan pertama kalinya dilakukan Nourine. Ia diketahui juga pernah mengundurkan diri dari kompetisi serupa gara-gara tak mau bertanding menghadapi lawan dari Israel, tepatnya saat kejuaraan dunia 2019 di Tokyo dengan alasan yang sama. []