Langsung ke konten utama

Hamas Serukan Tekanan kepada Israel untuk Mengakhiri Blokade Gaza

 

Kelompok perlawanan di Palestina, Hamas, menyerukan untuk meningkatkan tekanan kepada Israel agar Tel Aviv mengkahiri 15 tahun blokade atas Gaza. "Kami menyerukan kepada semua untuk mengambil tanggungjawab dan menekan penjajah (Israel) untuk mengakhiri blokadenya yang zalim itu," kata juru bicara Hamas, Fawzi Barhoum, seperti dikutip Anadolu Agency, 29 Agustus 2021


Dia mengingatkan, perdamaian dan stabilitas tidak akan terwujud selama rakyat Palestina tidak memiliki kebebasan dan martabat hidup.

Hamas meminta Israel bertanggung jawab atas krisis kemanusiaan di Gaza akibat blokade.

"Rakyat Palestina tidak akan menerima kebijakan Israel atau kompromi apapun terkait hak-hak bangsa mereka," katanya

Protes demi protes mengeskalasi di Gaza dalam beberapa pekan terakhir lantaran Isarel melanjutkan pembatasan masuknya barang-barang ke wilayah Palestina.

Tel Aviv menegaskan, pihaknya tak akan mengizinkan bahan bangunan masuk ke Gaza kecuali Hamas, yang berkuasa di Gaza sejak 2007, membebaskan tentara Israel yang menjadi tawanan. Hamas menolak syarat ini dan meminta pertukaran tahanan.

Israel memblokade wilayah berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa ini sejak 2007 hingga kini. Berbagai sendi kehidupan masyarakat setempat menanggung akibat buruk dari blokade satu setengah dekade ini.