Langsung ke konten utama

China Siap Perkuat Hubungan Bilateral dengan Yaman


China menyatakan bersedia bekerja sama dengan Yaman untuk memperkuat hubungan bilateral, dan mendukung kedaulatan, kemerdekaan, persatuan dan integritas wilayah Yaman dan Pemerintah Yaman yang sah, kata Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi pada Jumat kemarin, seperti dilansir CGTN.

Hal itu disampaikannya saat bertukar pesan ucapan selamat dengan Menteri Luar Negeri Yaman, Ahmad Awad bin Mubarak pada peringatan 65 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Memperhatikan bahwa Yaman adalah salah satu negara Arab paling awal yang menjalin hubungan diplomatik dengan China baru, Wang mengatakan kedua negara telah dengan tegas saling mendukung dalam masalah-masalah yang menyangkut kepentingan inti masing-masing sejak pembentukan hubungan diplomatik.

China akan terus mendukung promosi penyelesaian politik masalah Yaman, tambahnya.

Ahmad mengatakan, sejak terjalinnya hubungan diplomatik, kerja sama telah dilakukan di berbagai bidang atas dasar yang kokoh untuk saling menghormati dan kedua belah pihak selalu memahami satu sama lain dalam masalah kepentingan bersama.

Lebih lanjut Ahmad menegaskan bahwa Yaman menghargai dukungan China untuk keamanan, stabilitas, persatuan nasional, dan integritas teritorial Yaman dan siap melakukan upaya bersama dengan China untuk mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar. []