Langsung ke konten utama

Israel Menangkap Kembali Semua Buron Gilboa










Tentara Israel menangkap dua sisa buron tahanan Gilboa, Ahad pagi, 19 September 2021. Keduanya, Ilham Kamamji dan Monadel Infiat, tertangkap di Kota Jenin, Tepi Barat, Palestina.

Sebelum penangkapan, agen intelijen Israel, Shin-Bet, telah mengendus rumah tempat keduanya bersembunyi. Ilham dan Monadel tak melawan ketika penyergapan. 

Dengan penangkapan ini, Israel telah menangkap semua tahanan yang melarikan diri dari rutan Gilboa pada 6 September 2021. Mereka kabur melalui terowongan rahasia yang dilaporkan telah mereka gali di bawah penjara, kata polisi Israel. 

Poros perlawanan di Palestina angkat topi kepada mereka yang berhasil membobol penjara super ketat itu. Aksi 6 orang Palestina itu, kata Hamas dan Jihad Islam, menggoyahkan sistem keamanan Tel Aviv.

"Peristiwa itu menunjukkan keberanian tahanan yang berhasil lolos dari penjara yang keamanannya sangat ketat," kata juru bicara Hamas, Fawzi Barhoun. "Ini heroik dan mengesankan." 

Hingga kini, sekitar 4.850 orang Palestina meringkuk dalam penjara-penjara Israel. Di antaranya 41 wanita, 225 anak dan 540 "tahanan administratif"[]