Langsung ke konten utama

Koalisi Militer Saudi Bunuh 7 Warga Sipil Yaman

 Saudis admit error over deaths of second group of Yemeni children | Yemen |  The Guardian

Jet tempur koalisi militer Arab Saudi menembak sebuah kendaraan sipil yang mengakibatkan 7 warga sipil meregang nyawa. Serangan meletus di  Shabwa, provinsi kaya minyak di selatan Yaman, pada Sabtu 18 September 2021, menurut media setempat Al-Mashirah TV.

Kematian 7 orang ini memperpanjang daftar korban meninggal dunia yang telah berjumlah ratusan ribu sejak agresi melanda Yaman pada Maret 2015. Ketika itu, Riyadh dan koalisi militernya yang didukung penuh oleh Amerika Serikat meluncurkan perang melawan negara termiskin di Asia Barat ini. 

Mereka menyerang tetangganya di bagian selatan itu lantaran ingin mengembalikan penguasa boneka Abdu Rabbuh Mansour Hadi di Sana'a. Koalisi juga berhasrat menghancurkan kelompok perlawanan di Yaman, Houthi Ansarullah.

Kebanyakan korban tewas dari kalangan anak-anak dan perempuan. Tak hanya itu, jutaan masyarakat Yaman terancam bencana kelaparan hingga kini akibat lulu lantaknya infrastruktur dalam negeri.  

Walau telah memorakporandakan negara lain, Saudi belum juga mencapai tujuannya. Bahkan dengan perkembangan poros perlawanan yang dibantu angkatan bersenjata Yaman, menurut berbagai pengamat, Saudi hampir mustahil menduduki Sanaa. []

 

Foto: The Guardian