Langsung ke konten utama

Sejak Awal 2021 Terjadi 652 Pelanggaran Israel terhadap Jurnalis Palestina


Dilansir Safa Press Agency, Komite Solidaritas untuk Jurnalis Palestina menyatakan bahwa rezim pendudukan Israel tercatat telah melakukan 652 pelanggaran terhadap jurnalis Palestina sejak awal tahun 2021.

Pada Hari Solidaritas Internasional untuk Jurnalis Palestina, Komite mengatakan bahwa agresi pada Mei 2021 baru-baru ini di Gaza, rezim penjajah Israel diketahui membunuh jurnalis Yousef Abo Hussein dan menghancurkan lebih dari 59 institusi media.

Komite menyerukan untuk memberikan perlindungan dan solidaritas untuk wartawan Palestina dan menyebut mereka sebagai pembawa kabar, yang selalu dikejar untuk dibunuh oleh aparat rezim pendudukan Israel agar mereka bungkam untuk selamanya.

Komite juga mengapresiasi peran para jurnalis tersebut dalam mengungkap sisi kemanusiaan, meliput peristiwa dan mendokumentasikan aksi-aksi pelanggaran dan serangan brutal Israel terhadap rakyat Palestina.

Komite juga meminta semua jurnalis di seluruh dunia untuk memperkuat solidaritas mereka dan mendukung jurnalis dan institusi media Palestina, serta mendesak masyarakat internasional, organisasi hak asasi manusia dan Persatuan Jurnalis Internasional untuk memegang tanggung jawabnya terhadap jurnalis Palestina karena semua hukum internasional melindungi hak-hak mereka.

Komite juga menyerukan pembebasan 24 jurnalis yang ditangkap dan hingga kini masih mendekam dan ditahan di penjara-penjara Israel. []