Langsung ke konten utama

Tentara Yaman Hancurkan Gudang Senjata Koalisi Saudi di Ma'rib


Tentara Yaman dan gerakan perlawanan Ansharullah dilaporkan telah meluncurkan serangan rudal balistik ke gudang senjata milik pasukan dukungan Saudi yang setia kepada presiden terguling, Abdrabbuh Mansur Hadi di kota Ma'rib.

Menurut sumber lokal, serangan itu terjadi pada tanggal 25 September dan menyebabkan ledakan besar yang berlangsung selama hampir setengah jam di daerah distrik Al-Abdiyah.

Laporan yang belum dikonfirmasi juga mengklaim bahwa komandan senior pro-Hadi dan putra Gubernur Ma'rib, Abdullah Sultan, tewas dalam serangan itu.

Serangan terbaru terhadap koalisi pimpinan Saudi ini terjadi saat tentara Yaman terus membebaskan sebagian besar provinsi Ma'rib.

Pada tanggal 25 September, pejabat Yaman mengonfirmasi bahwa mereka telah membebaskan lebih banyak daerah di provinsi Ma'rib, mengatakan kepada media: “Milisi Ansharullah maju dari distrik Harib dan pagi ini merebut puncak bukit Malaa, lembah Om Reash yang berdekatan, bagian dari jalan raya utama di daerah yang mengarah ke distrik Al-Jubah, dan Ibu Kota provinsi, kota Ma'rib.”

Pada hari yang sama, koalisi pimpinan Saudi mengumumkan telah mencegat rudal balistik menuju kota pelabuhan Jazan di barat daya Kerajaan.

Tentara Yaman telah sering menyatakan bahwa mereka akan melanjutkan serangannya terhadap sasaran militer jauh di kedalaman wilayah Arab Saudi selama agresi terhadap Yaman masih berlanjut.

Sejak 2015, Arab Saudi dan sekutu NATO-nya telah mengepung Yaman, negara termiskin di dunia Arab, dalam upaya untuk mengalahkan gerakan perlawanan Ansharallah yang populer dan mengembalikan pemerintahan Abdrabbuh Mansur Hadi yang ramah-Barat ke tampuk kekuasaan.

Dalam enam tahun sejak invasi militer ini telah gagal mencapai tujuan yang dimaksudkan, malah menyebabkan ratusan ribu kematian, menggusur jutaan orang dan mendorong negara ini ke ambang kelaparan. []