Langsung ke konten utama

Warga Yaman di Inggris Desak Saudi Akhiri Blokade



Komunitas warga Yaman di London, Inggris, mengecam blokade Bandara Internasional Sanaa.  Mereka mendesak koalisi militer Arab Saudi mengakhiri penutupan akses Sanaa dan semua bandara di Yaman.

Kecaman  disuarakan dalam unjuk rasa di Ibu Kota Inggris, Sabtu, 2 Oktober 2021. Demonstrasi menentang agresi 7 tahun Saudi di Yaman ini diikuti oleh sejumlah politisi, aktivis dan jurnalis. 

Jurnalis Inggris Robert Carter termasuk hadir dalam unjuk rasa. Melalui akun twitter-nya, ia mempublikasikan video unjuk rasa dengan tagar #OpenSanaaAirport

Bagi peserta unjuk rasa, blokade yang menutup akses keluar-masuk bandara Sanaa itu bertentangan dengan hukum internasional.  Mereka meminta Riyadh segera membuka bandara agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke Yaman.

Oleh karena itu, demonstran juga mendesak PBB dan meminta seluruh pendukung kemerdekaan di dunia untuk menekan agresor hingga blokade dicabut. Pencabutan blokade setidaknya dapat meringankan derita warga Yaman yang telah 7 tahun menanggung dampak invasi militer Saudi yang sedari awal didukung Amerika Serikat.