Langsung ke konten utama

Pemukim Ilegal Israel Serang Rumah Warga Palestina di Utara Nablus

Pemukim ilegal Israel menyerang rumah warga Palestina hari ini di desa Burqa di utara Nablus, di utara Tepi Barat yang diduduki, menurut seorang aktivis lokal.

Ghassan Daghlas, yang memantau aktivitas permukiman Israel di utara Tepi Barat, mengatakan penduduk desa menangkis serangan pemukim terhadap rumah mereka di dekat bagian utara desa.

Tadi malam, para pemukim menyerang dengan tembakan langsung dan melempari warga Palestina dan rumah mereka di dekat pintu masuk desa Burqa.

Kekerasan pemukim ilegal Israel terhadap warga Palestina dan harta benda mereka adalah rutin di Tepi Barat dan jarang dituntut oleh rezim Israel.

“Kekerasan pemukim telah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga Palestina di bawah pendudukan. Pasukan keamanan Israel memungkinkan tindakan ini, yang mengakibatkan korban warga Palestina – cedera dan kematian – serta kerusakan tanah dan properti. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan berfungsi sebagai pengawal bersenjata, atau bahkan bergabung dalam serangan," kata pusat informasi Israel untuk hak asasi manusia di wilayah pendudukan, B'Tselem.

“Penyelidikan, bahkan jika dibuka, biasanya ditutup tanpa tindakan yang diambil terhadap pelaku sebagai bagian dari kebijakan keringanan hukuman yang tidak diumumkan. Efek jangka panjang dari kekerasan ini adalah perampasan warga Palestina dari bagian Tepi Barat yang semakin meningkat, membuatnya lebih mudah untuk Israel mengambil alih tanah dan sumber daya," kata B'Tselem. []