Langsung ke konten utama

Warga Palestina Peringati Haul Yasser Arafat

 



Orang Palestina di Tepi Barat memperingati 17 tahun wafatnya Yasser Arafat, Presiden pertama Otoritas Palestina sekaligus tokoh ikonis bangsa yang sedang berjuang meraih kemerdekaannya ini.

Pusat haul mengambil lokasi di Pusara Arafat, Ramallah, seperti diberitakan media setempat WAFA, 11 November. Ratusan manusia, dengan mengibarkan bendera Palestina dan menunjukkan poster wajah Arafat, berbondong-bondong menuju pusaranya.

Sekolah-sekolah meluangkan waktu 1 jam pertama dari waktu belajar-mengajar untuk mengenang Arafat. Guru-guru menjelaskan perannya dalam kebangkitan isu Palestina pada level internasional.

Murid-murid membawa poster Arafat dan menggunakan Kuffiyah, kain simbol perlawanan Palestina yang biasa digunakan sebagai serban penutup kepala. Sosok yang juga dikenal sebagai Abu Ammar ini biasa menggunakannya dalam forum-forum resmi.

Sementara di Gaza, ratusan warga Palestina berziarah ke rumah Arafat. Pada bangunan di barat Gaza ini, tempat Arafat hidup bersama keluarganya sejak 1994 hingga 2001, mereka mengenang kesederhanaan hidup pria yang pernah memimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) ini