Langsung ke konten utama

Hamas dan Rusia Diskusi Rekonsiliasi Internal Palestina

 https://i1.wp.com/www.middleeastmonitor.com/wp-content/uploads/2020/10/GettyImages-96572985.jpg?resize=1200%2C800&quality=85&strip=all&zoom=1&ssl=1

 

Hamas dan Pemerintah Rusia mendiskusikan perkembangan terkini Palestina di Moskow, Rabu 8 Desember 2021.

Hamas mengirimkan delegasinya dari biro politik: Dr. Musa Abu Marzouq dan Ezzat El-Rishq. Keduanya ditemani oleh perwakilan Hamas di Rusia.

Mereka berdiskusi dengan Deputi Menteri Luar Negeri Rusia, perwakilan Presiden Rusia khusus untuk Timur Tengah, Mikhail Bogdanov, dan sejumlah pejabat tinggi Kementerian.

Dalam pertemuan, Hamas menjelaskan berbagai aksi kriminal yang dilakukan Israel di Yerusalem, Tepi Barat, dan Gaza. Oleh karena itu, kata Hamas, rakyat Palestina berhak melawan segala bentuk penindasan.

Musa Abu Marzouq dan timnya menggarisbawahi bahwa pelanggaran hukum yang terus-menerus dilakukan Tel Aviv terhadap rakyat Palestina memicu eskalasi bentrok.

Pada kesempatan itu, Musa juga menyampaikan pentingnya persatuan bangsa dan visi gerakan untuk mengakhiri perpecahan dalam Palestina.

Sementara perwakilan Presiden Vladimir Putin mengatakan, pertemuan ini merupakan bagian dari upaya Moskow untuk meningkatkan kerja sama dengan  Hamas, salah satu kelompok perlawanan di Palestina. Bogdanov juga mempertegas posisi Rusia dalam mendukung Palestina. Ia mengatakan, Moskow siap mendorong rekonsiliasi internal Palestina.[] 


MEMO


Foto: [NATALIA KOLESNIKOVA/AFP via Getty Images]