Langsung ke konten utama

PM Israel Gelar Kunjungan Perdana ke UEA

 https://images.jpost.com/image/upload/f_auto,fl_lossy/t_JM_ArticleMainImageFaceDetect/490338

 Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengunjungi Uni Emirat Arab, Ahad, 12 Desember 2021. Kedatangan Bennet untuk menemui penguasa de-facto UEA, putra mahkota Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed.

"Saya akan berkunjung ke Uni Emirat Arab hari ini, kunjungan pertama yang pernah dilakukan seorang perdana menteri Israel," kata Bennet dalam sebuah pertemuan dengan kabinetnya, Ahad, seperti dilansir Palestine Chronicle. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Abu Dhabi.

UEA, Bahrain, Sudan dan Maroko telah mengumumkan normaliasi hubungan diplomatik dengan Israel pada tahun 2020. Mereka menyusul Mesir dan Yordania yang masing-masing telah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel sejak 1979 dan 1994.

UEA dan Bahrain secara resmi meneken normalisasi dengan Israel dalam sebuah seremoni Gedung Putih, Amerika Serikat, 15 September 2020. Penandatanganan normalisasi diperkenalkan dengan nama 'Kesepakatan Abraham.'

Sejauh ini, sekitar 200 ribu warga Israel telah bepergian ke UEA sejak normalisasi kedua negara ini dibuat berdasarkan Kesepatakan Abraham. Setidaknya 40 perusahaan Israel telah berdiri dalam wilayah perdagangan bebas UEA. Sementara warga Palestina menyebut normalisasi itu sebagai "pengkhianatan".[]

Foto: Jpost