Langsung ke konten utama

Angkatan Bersenjata Yaman Sita Kargo Ilegal UEA

Angkatan Bersenjata Yaman melaporkan pada hari Senin (3/1/2022) bahwa mereka telah berhasil menyita sebuah kapal kargo ilegal Emirat yang membawa peralatan militer memasuki perairan Yaman tanpa izin apa pun.


Angkatan Bersenjata mengindikasikan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal itu “melakukan tindakan permusuhan yang menargetkan keamanan dan stabilitas rakyat Yaman”.

Dalam pernyataan itu, Jubir militer Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree merilis rincian lengkap operasi tersebut.

“Untuk pertama kalinya, pasukan Angkatan Laut Yaman berhasil melakukan operasi militer merebut kapal kargo militer Emirat saat terlibat dalam aktivitas permusuhan di laut,” jelas Yahya Saree.

“Kapal musuh membawa peralatan militer, termasuk mekanisme, perangkat, dan peralatan lain yang digunakan dalam agresi terhadap rakyat Yaman,” katanya.

“Kapal Emirati telah dipantau selama berminggu-minggu oleh pasukan Angkatan Laut, dan telah melakukan beberapa tindakan permusuhan dan terlibat dalam kegiatan permusuhan di perairan teritorial Yaman.

Mengikuti pemantauan yang cermat terhadap aktivitas kapal, arahan dikeluarkan untuk menyitanya sebagai bagian dari pertahanan yang sah dari negara dan rakyat kami. Kapal diangkut ke pelabuhan Al-Salif di Hudaidah,” jelasnya.

Jubir militer menambahkan bahwa pasukan Angkatan Laut, dalam kerangka tugas pertahanan mereka untuk perairan teritorial Yaman, telah dan masih memantau semua kegiatan bermusuhan dari kapal perang koalisi yang dipimpin Saudi.

Saree mengulangi peringatan bahwa pasukannya memiliki "opsi yang tepat untuk menanggapi eskalasi koalisi".

Lebih lanjut dia memperingatkan pasukan koalisi tentang konsekuensi dari setiap upaya untuk menargetkan kapal, yang sarat dengan senjata, karena para awak masih ditahan di atas kapal. []